Main Article Content
Abstract
Wiraniaga sebagai pihak yang langsung berhubungan dengan pelanggan sangatlah vital dalam menjaga kualitas pelayanan perusahaan, oleh sebab itu Elit Computer Tulungagung berusaha membekali wiraniaganya dengan wawasan umum sampai khusus mengenai komputer, dan dengan daftar harga yang selalu ter-update agar mampu memberikan pelayanan kepada pelanggan secara optimal. Merupakan explanatory research dengan menghubungkan variabel-variabel pelayanan prima yang mempengaruhi kepuasan pada pelanggan. Penelitian ini mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data pokok. Hasilnya, 1) Variabel Kemampuan menunjukkan adanya pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Arah pengaruh positif menunjukkan bahwa kenaikan terhadap Kemampuan menyebabkan kenaikan
secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. 2) Variabel Sikap tidak berhasil menunjukkan adanya pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil pengujian yang tidak konsisten dengan tinjauan teorits dalam penelitian ini menunjukkan masih diperlukan peningkatan konsep pelayanan prima pada ELiT Computer Tulungagung, khususnya yang berhubungan langsung dengan sikap dari wiraniaga ketika berinteraksi langsung dengan pelanggan. 4) Variabel Penampilan menunjukkan adanya pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Arah pengaruh positif menunjukkan bahwa kenaikan terhadap penampilan menyebabkan kenaikan secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. 5) Variabel Perhatian tidak berhasil menunjukkan adanya pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Pengujian yang menghasilkan kemampuan penjelas yang lemah dari perhatian terhadap kepuasan pelanggan, menunjukkan masih perlunya peningkatan dari aspek keluhan, saran, dan kritik yang ditujukan terhadap kualitas pelayanan perusahaan. 6) Variabel Tindakan tidak berhasil menunjukkan adanya pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Konsisten dengan hasil pengujian terhadap Variabel Perhatian, pengujian yang tidak berhasil menemukan adanya pengaruh signifikan menunjukkan masih perlunya perhatian yang lebih terhadap keluhan, saran, dan kritik yang ditujukan terhadap kualitas pelayanan perusahaan. 7) Variabel Tanggung jawab menunjukkan adanya pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Pengujian yang menunjukkan adanya pengaruh signifikan menunjukkan bahwa keseluruhan aspek tersebut di atas mampu menciptakan rasa nyaman dan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan, yang pada akhirnya berdampak positif terhadap kepuasan pelanggan.
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
- Kotler, Philip. 2018. “Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1.”
- Meithiana, Indrasari. 2019. “Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan.”
- Nurani, Nurani, Marlena Marlena, and M Dicky AS. 2022. “Analisis Kualitas Layanan Dan Inovasi Produk Dengan Menggunakan Structural Equation Model (Studi Kasus Pada PT. Mandiri Utama Finance Tulungagung).” Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis 7(1): 42–53.
- Pamekas, Meki. 2021. Pelayanan Prima. Penerbit Lakeisha.
- Pratista, Okky Andriani. 2017. “Pengaruh Dimensi-Dimensi Service Quality Terhadap Customer Loyalty Melalui Satisfaction Di Toko Buku Centra Media Sidoarjo.”
- Rohaeni, Heni, and Nisa Marwa. 2018. “Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan.” Jurnal Ecodemica 2(2): 312–18.
- Sari, Dian Cita et al. 2021. Manajemen Pemasaran. Media Sains Indonesia.
- Sugiyono, Sugiyono. 2017. “Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D.”
- Tjiptono, Fandy. 2019. Strategi Pemasaran. Andi.