PEMASARAN PUPUK DI INDONESIA


Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengguna pupuk, mendeskripsikan saluran pemasaran pupuk, mencatat harga pupuk, menganalisis biaya pemasaran pupuk, mengetahui efisiensi kegiatan pemasaran pupuk, mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pemasaran pupuk, dan merumuskan strategi pemasaran pupuk di Indonesia. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai April 2024 dan menggunakan pendekatan deskriptif. Mayoritas usaha budidaya tanaman dan perikanan di Indonesia (sekitar 65,50% pada tahun 2023) menggunakan pupuk dalam kegiatan produksinya. Pemasaran pupuk menggunakan beberapa bentuk saluran pemasaran yang melibatkan berbagai lembaga pemasaran. Hal ini menimbulkan perbedaan harga beli, harga jual, biaya pemasaran, dan margin pemasaran. Harga eceran tertinggi pupuk bersubsidi yang ditetapkan pemerintah perlu ditinjau secara berkala agar pemanfaatan subsidi dan kegiatan pemasaran lebih efisien. Faktor-faktor yang mempengaruhi pemasaran dapat berasal dari internal dan eksternal, sehingga diperlukan strategi untuk meningkatkan efisiensi pemasaran.
Downloads
